Monday, December 29, 2008

HIJRAH

Bulan Muharam mengingatkan kita pada satu peristiwa penting dalam sejarah Islam. Yaitu, hijrahnya Rasulullah SAW dari Makkah ke Madinah. Dan diyakini pula sebagai kebangkitan Islam, bahkan menjadi titik balik kemenangan perjuangan Rasulullah SAW beserta para sahabatnya.
Setiap tahun kita memperingatinya, tapi secara subtansial sudah adakah pencerahan di diri kita masing-masing?
Secara harafiah bahasa, hijrah berarti meninggalkan, tapi kalau istilah pasti banyak dan beragam. Apa yang ditinggalkan? .. Menurut Imam Nawawi - berarti meninggalkan larangan-larangan Allah SWT, yang bisa juga berarti meninggalkan semua hal yang buruk di masa lalu menuju ke arah kebaikan-kebaikan pada masa mendatang.
Berhijrah di jalan Allah (dalam semua dimensi) mengandung keutamaan yang sangat agung.
Untuk menjalankan hijrah memang tidak mudah. Dalam diri seorang muhajir (orang yang hijrah) harus tertanam niat yang tulus, jihad dan kesungguhan. Karena dalam perjalanan hijrah itu, kita pasti akan menghadapi beragam tantangan dan ujian. Tanpa niat yang tulus, semangat jihad serta lesungguhan yang terus menerus bergelora mustahil tantangan-tantangan itu bisa ditaklukkan dan kita berhasil lulus dalam berbagai ujian yang dihadapi.

Ya Allah Yang Maha Tahu, andaikan semua permintaan hambamu ini Engkau tolak, sisakanlah satu hal yang jangan sampai Engkau tolak. Yaitu berilah hambamu ini hati yang selalu bisa bersyukur, apapun situasi dan keadaannya. Selebihnya biarkanlah semua menjadi keputusan-Mu. Amin 3X YRA ...


SELAMAT TAHUN BARU HIJRIAH, 1 MUHARAM 1430 H

No comments: