Wednesday, December 24, 2008

HUSNUZHAN

Apa itu 'HUSNUZHAN? ... adalah suatu sikap berbaik sangka dalam segala hal. Baik dalam menyikapi informasi negatif tentang dirinya ataupun orang lain. Bisa juga berarti 'positif thinking' terhadap suatu kejadian yang tidak nyaman yang kita alami dan menyikapinya dengan hal-hal yang baik agar lebih bermakna dan dapat diambil hikmahnya.

Kehidupan itu sendiri merupakan suatu pilihan dan tidaklah mudah, sekaligus bagaikan sebuah pengembaraan. Banyak hal akan kita temui sepanjang perjalanan ini. Semua merupakan sesuatu yang tidak pasti dan tidak bisa diprediksi sebelumnya. Ada kebahagiaan dan ada pula kesedihan, banyak cara yang dilakukan untuk mencapai ataupun menyelesaikannya.

Sikap berbaik sangka ini sangatlah penting. Karena ketika kita mengalami suatu masalah, yang muncul adalah keputusasaan yang berujung pada kecemasan hingga berakibat stres. Dengan berbaik sangka, kiranya dapat membantu kita untuk bersikap lebih tenang lahir dan batin sehingga berdampak pada nilai pencapaian kebahagiaan. Suatu persoalan bukan lagi dilihat sebagai cobaan atau teguran dari Allah SWT, tapi lebih merupakan 'reward' atau hadiah. Sehingga kita akan terhindar dari kecurigaan, kecemasan, trauma ataupun dendam.

Jadikanlah hari-hari kita dengan sikap 'husnuzhan', sikap pembersihan jiwa dari kotoran dan pemaknaan yang lebih berarti untuk melangkah ke arah masa depan yang lebih baik, dunia dan akhirat .

No comments: