Saturday, September 6, 2008

HOMESTAY



Kemarin, kami kedatangan 2 mahasiswa dari Korea dan Jepang, mereka mendapat beasiswa dari Diknas untuk belajar bahasa Indonesia di STBA LIA, yang dari Korea bernama WooJae Lee, yang kita panggil dengan nama Indonesia Ujang, dia dari INHA UNIVERSITY di Korea jurusan Sejarah dan yang dari Jepang bernama Katsuya Takahashi yang punya nama Indonesia Joko, dari Tokyo International University, School of Language Communication.

Ujang akan tinggal di Indonesia sekitar 1 tahun, sementara Joko hanya 6 bulan. Ini kali pertama mereka pergi ke luar dari negerinya. Ujang anaknya seneng ngomong meskipun bahasa Inggrisnya agak sulit dimengerti apalagi bahasa Indonesia. Joko lebih pendiam meskipun bahasa Inggrisnya agak lebih baik, dia juga pandai bermain gitar dan suaranya lumayan bagus. Untuk sementara, kira2 10 hari, sebelum dapat kos2an mereka akan tinggal di rumah kami di Depok.
Setelah seminggu yang lalu, rumah kami juga menerima kunjungan mahasiswa2 dan seorang dosen dari Kyoto University, Jepang yang tergabung dalam kelompok KIDS, yaitu kelompok yang memperkenalkan penyelamatan dini pada anak2 tingkat Sekolah Dasar dan Menengah tentang bagaimana kalau terjadi gempa. Dan kelompok ini setiap tahun pada musim panas biasanya antara bulan Agustus akan selalu mengunjungi Indonesia untuk memberikan penyuluhan deteksi dini atau penyelematan kalau terjadi gempa di Indonesia. Pada tahun 2007 daerah yang mereka kunjungi adalah Aceh, Jogyakarta dan Bandung. Tapi untuk tahun ini hanya Bandung dan Jogyakarta.

No comments: