Sunday, July 27, 2008

kegaduhan lagi

Kira2 bln April 2008 lalu, terjadi kegaduhan 'lagi'.. Jam 2.30 dini hari diterima telp. dr seorang staf bukafe yg malam itu kebetulan sedang menginap di sana. Di rumah depok, kami masih melek 'semua' karena sedang mengerjakan finalisasi buku Polisi .. beserta seluruh staf Concern (tim yg menangani penerbitan buku, riset maupun konsultasi yang juga merupakan bagian dari Bukafe).
Dia melaporkan bahwa ada kegaduhan di bukafe, yang menyangkut salah seorang anak 'asuhan' yg berasal dari komunitas jalanan.
Ada apa?... Jam 05.00 dini hari itu barulah didapat kronologi seluruh kejadian.
Seseorang diketahui telah 'masuk' wilayah teritorial bukafe pada jam 1 tengah malam dengan memanjat pagar. Setengah jam kemudian terlihat 'dia' membawa/menggotong sesuatu dari arah dapur menuju ke luar pagar. Kemudian 10 mnt kemudian hal yang sama diulanginya. Banyak saksi yg mengetahui kejadian itu tetapi tidak berbuat apa2 karena belum menaruh kecurigaan.
Sebab biasanya bukafe itu terbuka hampir 24 jam, apalagi kalau sedang ada pekerjaan yang menyangkut penyelesaian sebuah produk berupa buku, sehingga para saksi yang merupakan petugas keamanan ruko2 yg ada di sebelah kanan dan kiri bukafe tidak menaruh kecurigaan apa2.
Kali yang ke 3 terlihat kembali orang yang sama membawa/menggotong sesuatu dari dapur menuju ke arah luar pagar, serentak para satpam dan para penjaga malam lainnya berteriak dan mengejar 'dia'... semua berteriak maling..maling..maling... terjadilah kegaduhannya dan bertepatan ada mobil patroli polisi polsek mampang lewat...lalu diserahkanlah 2 orang yg tadi terlihat membawa 'mencuri' sesuatu dari dalam bukafe....
Setelah diusut..ternyata yang tadi tertangkap dan di 'hakimi' oleh para satpam itu adalah salah seorang 'anak' asuhan kami .... Dia bermaksud mengambil/mencuri 3 buah tabung gas yang ada di Bukafe.
Kami (saya dan suami) berpikir keras...langkah seperti apa yang sebaiknya harus diambil..
Hari itu juga suami meminta semua 'anak2' berkumpul untuk segera membicarakan langkah apa yang sebaiknya segera diambil... Disepakati oleh semuanya yang juga merupakan komunitas jalanan untuk memberi pelajaran buat yang telah melakukan kesalahan.. karena sudah ditangani oleh pihak kepolisian maka sesuai prosedur yang berlaku yang bersangkutan harus 'bersekolah' di tahanan polisi sesuai ketentuan yang ada.
Mudah-mudahan berbagai kegaduhan yang mewarnai kehidupan 'kami' dapat menjadi pelajaran berharga. Kata bijak: TAK ADA GADING YANG TAK RETAK ...

No comments: