Thursday, August 7, 2008

ARTI CATATAN KECIL



Sepulang sekolah gadis kecil kami bercerita dengan raut sedih bahwa teman sekelasnya tadi meninggal, umurnya 6 tahun. Saya mencoba menghiburnya, ya.. memang begitu hukum alam, dan mungkin Tuhan sudah memanggilnya. Dengan penuh tanda tanya dia bertanya lagi, mam, kenapa dia meninggal? ..wah..mama juga ndak tahu..kenapa?..mungkin sakit, kecelakaan atau apa?..mama juga ndak tau.. tau2 gadis kecilku nyeletuk..kok dia bisa meninggal?..kan dia masih kecil?.. Lha.. saya juga heran?.. kenapa dia sampai pada pertanyaan itu?.. setelah saya telusuri rupanya dia belum mengerti bahwa manusia itu bisa meninggal kapan saja atau umur berapa saja. Rupanya konsep yang ada di kepala kecilnya itu, orang atau manusia itu baru meninggal kalau dia sudah tua atau renta sehingga sudah tidak bisa apa2 lagi, baru dia meninggal. Ya..seperti tanaman atau tumbuh2an itu lo.. Astagfirullah halazim.. saya juga baru sadar, makanya dia ndak bisa mengerti kenapa temannya yang baru berumur 6 tahun itu meninggal? Karena anggapannya ndak ada anak kecil yang meninggal, yang meninggal itu pasti orang yang sudah tua saja.
Pelan2 saya terangkan bahwa, orang itu bisa meninggal kapan saja dan umur berapa saja. Kita tidak akan pernah tahu, karena itulah rahasia Tuhan, pencipta kita dan alam semesta dengan segala isinya.
Tau2.. karna memang dasarnya cerdas dan penuh rasa ingin taunya besar, dia bertanya: kalau kita mati nanti itu kita jadi apa mommy?.. wah.. pertanyaan sulit ini..karna saya harus menjawab untuk seorang anak perempuan berusia 6 tahun.
Saya masih berpikir, kalimat seperti apa yang bisa saya rangkaikan untuk anak umur 6 tahun ini, tiba2 dia nyeletuk, I knew that .. kalau kita jahat, nanti matinya jadi setan, tapi kalau kita baik, pasti kita masuk surga?.. Hah..saya terperangah dengan jawabannya.. dari mana dia tahu?... tapi saya berusaha santai sambil bilang..trus.. bagaimana?... iya..tapi..jawabnya lagi..masak ada orang dari lahir sampai mati itu jahat terus.. trus masak ada orang itu dari lahir sampai mati dia itu baik terus .. kan kadang2 baik, dan kadang2 jahat juga..kalau gitu itu, nanti matinya jadi apa ma?... waduh.. saya jadi tambah ruwet.. apa ya.. lalu saya jelaskan satu2 bahwa kejahatan itukan ada hukumannya, dan kebaikan itukan pasti ada hadiahnya, ya..nanti dihitung dulu berapa kejahatannya dan berapa kebaikannya.. Alhamdulillah kali ini dia puas dan mengerti jawaban saya. Tau2 dia nyeletuk.. soalnya mam.. aku itu kadang2 baik sama mas (kakaknya) tapi kadang2 juga jahat … sambil tertawa kecil.. dalam hati saya geli juga.. ada2 saja ..
Ternyata pertanyaannya tidak sampai di situ saja, dia bertanya lagi: kalau kita di surga itu nanti ngapain aja, ma?.. wah.. saya harus mencari jawaban yang pas .. lalu saya bilang: kalau di surga itu, kita nanti boleh minta apa saja. Apa yang kira2 ade ingin dan belum kesampaian minta aja. Dia rupanya senang dengan jawaban itu. Jadi kita boleh minta apa saja ya ma? .. iya.. trus .. umpamanya matinya umur 70 tahun itu, nanti kalau di surga jadi umur berapa?..apa tetap 70 tahun? .. bingung lagi saya .. saya jawab aja .. kalau umur terserah ade aja mau umur berapa?.. kan kita bisa minta sama Tuhan apa aja …
O.. gini ma.. soalnya nanti kalau di surga aku pingin ketemu dan ngobrol2 sama Abraham Lincohn tapi waktu dia umurnya masih 25 tahun padahal kan dia matinya bukan umur segitu, trus juga pingin ketemu Einstein tapi waktu dia umur 12 tahun, karna aku mau tanya, kok dia dulu punya dia cemerlang sih waktu umur segitu, juga dengan Thomas Alpha Edison dan Helen Keller .. ade pingin tanya2 aja, soalnya mereka itu orang2 yang hebat dan berjasa.
Wah.. saya benar2 nggak bisa jawab pertanyaannya …
Suatu hari, dia ribut mencari kertas catatan kecilnya yang hilang entah ke mana, semua baju yang ada di keranjang tempat baju kotor dan di lemarinya di bongkar .. dia marah2 sendiri. Lalu saya tanya, catatan apa sih .. dengan muka sedih dan cemberut, dia bilang, itu lo ma..catatan semua keinginanku yang belum kesampaian, dan catatan itu harus kubawa terus ke manapun aku pergi supaya nanti ndak lupa. Saya tanya catatan itu untuk apa? Dan kenapa kok harus di bawa2 terus? Dia menjawab.. Ya.. untuk kalau aku tiba2 meninggal dan masuk surga trus Tuhan tanyain aku, Ade mau apa? .. aku kan harus buka catatan itu dulu, karena ndak mungkin akan ingat karena banyak sekali keinginanku yang belum kesampaian … SUBHANNALLAH ..
YA.. ALLAH .. aku semakin tercengang … kreatif sekali dia ..

No comments: