Thursday, August 7, 2008

si gadis kecil bertanya tentang AIR


Suatu hari, sepulang dari sekolah, gadis kecil kami bertanya pada saya: mommy, where’s the water came from?... dengan kecanggihan seorang ibu, saya bercerita panjang lebar tentang asalnya air.. seperti ada embun, lalu embun itu menguap, jadilah awan lalu hujan dan kemudian turun ke bawah, makanya ada sungai ada lautan.. pokoknya seluruh pengetahuan saya tentang air semua saya jelaskan. Dalam hati saya berpikir..apa ngerti ya..tapi karena dasarnya, alhamdulillah anak2 kami ini cerdas jadi saya tidak begitu peduli pokoknya saya ceritakan dengan rinci dan detail plus saya tunjukkan semua buku2 yang juga bercerita tentang air…
Seminggu kemudian, pertanyaan yang sama dia ajukan pada bapaknya, jawabannya juga sama seperti apa yang sudah pernah saya terangkan…
Ternyata, minggu depannya lagi, pertanyaan yang sama itu dia tanyakan lagi pada kakaknya yang pada waktu itu duduk di kelas 9, dan kakaknya sambil ngeledek juga memberi jawaban yang sama. Saya pikir pertanyaan itu sudah terjawab, tapi ternyata minggu2 berikutnya pertanyaan yang sama masih juga ditanyakan berulang-ulang. Saya tercengang..sebenarnya apa sih maunya?.. kalau saya mencoba menerangkannya kembali dia selalu jawab: I knew it mommy .. lha..jadi apa dong … akhirnya saya ajak dia ke perpustakaan yang ada di kota Tempe, AZ ini untuk mencari seluruh referensi tentang air. Kami sampai memboyong puluhan buku tentang air. Dua minggu berikutnya dia masih juga bertanya: mommy, where’s the water came from?... hah.. ini anak sebenarnya ngetes atau memang tidak mengerti? Kan sudah membaca puluhan buku tentang air?.. waktu saya tanya..did you already read all books about water?..dia jawab.. I did .. hah..kalau gitu sebenarnya apa yang dia cari dan mau? …. Berminggu-minggu pertanyaan itu selalu ditanyakan, sehingga saya jawab aja sekedarnya.
Hampir 3 bulan kalau ndak salah, sepulang sekolah tiba2 dia mengulang lagi pertanyaan itu .. mommy..can I ask something?..waktu itu saya sedang menyiapkan makan malam dan tidak menyangka kalau pertanyaan itu akan dia ulangi lagi, saya bilang..okey .. boleh .. where’s the water came from? .. sambil memotong sayuran akhirnya saya jawab sekenanya..it’s from GOD.
Tanpa saya duga dia langsung memeluk saya.. thank you mommy, that’s the answer that I want to hear from you …walah..ternyata sesederhana itukah?.. kalau ingin jawaban itukan dia ndak perlu nunggu sampai berbulan-bulan... tahu2 dia nyambung lagi..okey if the water came from GOD, so can you tell me, why GOD has an idea to create the water.. wah..saya sempat tertegun.. waduh..apa nih jawaban lanjutnya..bayangkan..anak gadisku baru berusia 6 tahun. Saya harus pandai-pandai memilih jawaban yang tepat untuk anak umur segitu. Tiba2 saya langsung dapat ide..dan alhamdulillah otakku juga lumayan cerdas.. saya bilang padanya, can you bring your first dictionary book here .. dengan gesit dia langsung menuruti perintah saya. Lalu saya bilang: buka halaman yang ada gambar anatomi manusianya, baca di situ, tubuh manusia itu terdiri dari apa? Dia jawab; sebagian besar terdiri dari cairan, dan apa itu cairan?.. cairankan sama dengan air?.. dan manusia itu ciptaan siapa?.. kalau manusia ciptaan Tuhan dan tubuhnya mayoritas terdiri dari cairan, makanya Tuhan punya ide untuk menciptakan air, karena manusia hidupkan pasti perlu air … karena tubuhnya mayoritas juga air ... Saya berusaha menerang hal itu dengan serius, sambil berharap dia puas dan mengerti .. Dia tampaknya cukup puas dengan jawaban ibunya ... Alhamdulillah...
Terjawablah sudah pertanyaannya, dia buru2 mencium pipi saya dan berkata, Oh..I’m lucky, I have a good and smart mommy. Thank’s mom…Uh..uh..perasaan lega banget… kenapa mesti nunggu berbulan-bulan ya...

No comments: