Saturday, August 9, 2008

RAWON


Meskipun kami tinggal di Amrik, tetap saja setiap hari saya masak makanan Indonesia, kecuali kalau memang benar2 'kepepet' karna saya dan suami masing2 sibuk banget, barulah kami makan makanan Amrik.
Suatu hari saya masak salah satu makanan kesukaan kami yaitu rawon lengkap dengan telor asinnya dan taoge/kecambah kecil2nya, kerupuk udang serta sambal terasi. Biasanya, sebelum masak rawon saya harus membuat dulu 'taoge atau kecambah'nya, kan di Amrik ndak ada taoge yg kecil2 seperti di Indonesia, jadi saya harus membuat dulu, dengan merendam kacang hijau selama beberapa hari sampai benar2 jadi taoge atau kecambah. Kan rasanya ndak lengkap kalau makan rawon tanpa taoge atau kecambah kecil2 itu tadi. Lha, kalau telor asinnya, kita biasanya masih 'nemu' di supermaket Asia yang biasanya dikelola oleh orang2 asal Vietnam. Di kotaku Tempe, Arizona, ada satu supermaket Asia yang terkenal dan besar namanya toko LIM/KIM (lupa..). Semua 'barang2' dari Asia ada di sana, seperti kerupuk udang, indomie, santan, bahkan daun pisang, pokoknya semua barang2 atau bahan2 makanan Indonesia ada di supermaket itu.
Keesokan harinya, ketika mau makan malam, si gadis kecilku masih ingin makan rawon yang kemarin, karna yang di rumah 'hanya' ada bapaknya dan kakak laki2nya, makanya dia bilang ke bapaknya: 'Daddy, I want to eat a black soup with a white small little thing.' Bapaknya bingung..apa sih itu.. gadis kami berusaha untuk menerangkannya, tapi bapaknya tetap ndak ngerti. Akhirnya dia diambilkan makanan lain yang tersedia hari itu, dengan 'penuh' rasa kecewa, akhirnya makanan itu dimakannya.
Ketika saya pulang dari bekerja 'part time', suami saya cerita, kalau tadi si gadis kecil minta sesuatu tapi dia ndak ngerti apa maksudnya. Karena hari itu sudah larut, (saya biasanya pulang bekerja jam 2 malam), pasti gadis kecil kami sudah tidur.
Paginya waktu mau berangkat ke sekolah, saya masih mencoba bertanya, apa sih yang dimaksud dengan ' black soup with a white small little thing', dia mencoba untuk menerangkannya pada saya sambil berharap saya mengerti. Sepanjang perjalanan ke sekolahnya, sambil nyupir mobil, saya berpikir terus..maksudnya apa sih..
Ketika pulang sekolah sorenya, saya memanaskan kembali sisa rawon yang sudah saya masukkan ke lemari es. Waktu makan, gadis kecil kami langsung bilang.. 'that's the soup mommy.. wah..ternyata yang dimaksudkan dengan ' black soup with a white small little thing' itu adalah, rawon dengan taoge kecil2 yang berwarna putih...
Malamnya, begitu suami pulang dari kampus, saya ceritakan tentang permintaan gadis kecil kami yang tidak dimengertinya.. dan akhirnya saya sudah mendapatkan jawabannya..Suami saya cuma berkomentar..walah..itu to...sambil mikir kali ya.. kok bisa bilang 'a black soup with a white small little thing' ...

No comments: